WUJUDKAN GOOD GOVERNMENT DAN CLEAN GOVERNMENT, KANWIL KEMENKUMHAM BALI GELAR WORKSHOP SPIP

Nasional177 Dilihat
Bikin Website Murah

DENPASAR – Untuk memberikan keyakinan yang memadai bagi tercapainya efektifitas dan efisiensi pencapaian tujuan penyelenggaraan pemerintah Negara, Kanwil Kemenkumham Bali menggelar Workshop Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) di lingkungan Kanwil Kemenkumham Bali bertempat di Ruang Dharmawangsa, Selasa (14/02/2023).

Kegiatan dihadiri oleh Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrasi dan Pengawas Kanwil Kemenkumham Bali, Narasumber dari BPKP Provinsi Bali, dan peserta sosialisasi dari Kanwil dan UPT.

Kegiatan diawali dengan Laporan Pelaksanaan Kegiatan oleh Kepala Bagian Program dan Humas, I Wayan Muliarta yang menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang SPIP sehingga dapat mengoptimalkan Penyelenggaraan SPIP di lingkungan Kantor Wilayah Kemenkumham Bali.

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bali yang diwakili oleh Koordinator Pengawasan Bidang Instansi Pemerintah Pusat, Heri Setiawan yang menyampaikan bahwa SPIP sebagai internal kontrol yang terdiri dari manajemen risiko dan pengendalian korupsi yang merupakan acuan dalam melaksanakan perbaikan SPIP secara keseluruhan.

Sambutan Kepala Kantor Wilayah sekaligus membuka kegiatan secara resmi diwakili oleh Kepala Divisi Administrasi, Mamur Saputra yang menyampaikan Inti dari pelaksanaan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah ada 4 yaitu: Kegiatan Efektif dan Efisien, Keandalan Pelaporan Keuangan, Pengamanan Aset Negara, dan Ketaatan Terhadap Peraturan Perundang-Undangan.

“SPIP adalah early warning atau upaya preventif terhadap kemungkinan terjadinya permasalahan yang akan datang demi terciptanya penyelenggaraan pemerintah yang efektif, efisien dan akuntabel sehingga terwujudnya Good Governance dan Clean Governance”, ungkap Mamur.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh para Narasumber dari BPKP Provinsi Bali, yaitu Penyelenggaraan SPIP oleh Yosephin Ambarwati, Penilaian SPIP oleh Ni Made Lencari, dan Simulasi dan pelaporan oleh Ni Wayan Wiwin Intan Wintari dengan Moderator Kasubbag Humas, RB dan TI, I Nengah Sukadana.

Rzl.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *