Pengurus PSN Periode II Mejaya-Jaya Di Pura Lingga Bhuana Puspem Badung

Nasional205 Dilihat
Bikin Website Murah

Lintas5indonesia 25 September 2022 Badung – Pinandita Sangraha Nusantara(PSN) setelah sebelumnya dilaksanakan penetapan pengurus periode II masa bakti 2022-2027, kali ini dilanjutkan dengan upacara mejaya-jaya dan Santi Puja kepada pengurus yang baru, upacara di Puput atau dipimpin oleh Ida Pandita Empu dari Geria Sangeh, dan dihadiri oleh 150 Pinandita/Pemangku se-Badung yang tergabung dalam PSN.

Pinandita Sangraha Nusantara (PSN) Korda Kabupaten Badung saat ini telah memiliki pengurus periode kedua yang telah ditetapkan pada tgl 17 Februari 2022 lalu oleh PSN Korwil Provinsi Bali.

Hadir dalam acara Mejaya-Jaya tersebut ; Ketua Umum Pinandita Dr.I Nyoman Sukendra, M.Hum
Sekretaris Dr.I Nyoman Miarta
Bendahara Drs I Made Wardana, juga dihadiri oleh sejumlah undangan yakni ; Bupati Badung (perwakilan), Ketua PHDI Badung, Kesbangpol, Korwil PSN Prov.Bali beserta undangan penting lainnya.

Pinandita Sanggraha Nusantara (PSN) yang merupakan ujung tombak dalam pelayanan umat sedharma, diharapkan dapat berperan dalam menuntun umat agar terus mampu bertransformasi ke arah yang lebih baik. Para Pinandita/Pemangku juga diharapkan mampu untuk terus mengajegkan “Hindu Dresta Nusantara”.

Minggu 17 Februari 2022 dilaksanakan prosesi lanjutan berupa Mejaya-Jaya dan Santhi Puja di Pura Lingga Bhuana Puspem Badung.


Ketua PSN Korda Badung Pinandita Dr.I Nyoman Sukendra, M.Hum dalam pemaparannya di depan para pengurus PSN dan para undangan mengungkapkan : Mejaya-Jaya adalah melakukan penyucian ; mesuci laksana untuk dapat panugrahan dari Hyang Pasupati sehingga Pemangku meningkat kesuciannya, meningkatkan kecerdasan, kebijaksanaan, kearifan sehingga Pemangku mampu menjadi Pinandita yang professional, berintegritas tinggi, spiritual tangguh, melayani umat dengan tulus iklas, sejahtera dan bahagia, serta selalu menyesuaikan dengan jaman.

Sementara Santhi Puja untuk mendoakan dunia ini supaya damai, memohon pada Sanghyang widhi wasa/Tuhan supaya diberi bimbingan menuju kebenaran, kegelapan pikiran menuju cahaya pengetahuan yang terang, dapat menghancurkan musuh dalam diri dan memohon kekuatan untuk menjalankan kehidupan”, kata Ketua PSN .

Ditambahkan, Kami mengucapkan terima kasih kepada PSN Korwil Bali yang memilih Badung sebagai pusat pelaksanaan Santi Puja sehingga saat ini diharapkan Badung Bali bangkit lebih cepat, damai dengan vibrasi suci yang bersumber dari Pura Lingga Bhuwana Puspem Badung.
PSN sejalan dan sebagai implementasi dari Sad Kerthi Loka Bali yang bertujuan kita bisa menjalani kehidupan harmonis dan saling mengasihi,”demikian ungkapan Ketua PSN didampingi Panitya.

Kadis Kebudayaan Badung Drs. I Gde Eka Sudarwitha, S.Sos., M.Si, mewakili Bupati Badung Giri Prasta, memberikan apresiasi kepada Pengurus PSN, “Merupakan kebutuhan bagi kami untuk bisa menselaraskan program-program Pemkab Badung melalui lembaga- lembaga yang ada. Mari kita bersinergi untuk bisa bersama melakukan pelayanan kepada masyarakat, khususnya umat di Badung, dan selamat dan sukses kepada Pengurus yang Baru”, ucap Kadisbud Gede Eka.

Usaha dan doa harus sejalan dan seimbang, karna kekuatan doa akan merubah segalanya.
Merupakan implementasi dari trihita Karana menyeimbangkan hubungan kita dengan Tuhan, hubungan dengan sesama dan lingkungan, memohon kedamaian umat beserta isinya.

Tim.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *