Peringati Hari Lahir Pancasila, Kapolda Bali Ikuti Upacara Di Kantor Gubernur Bali

Daerah134 Dilihat
Bikin Website Murah

Lintas5indonesia – Denpasar – Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila tahun 2023, Kepala Kepolisian Daerah Bali, Irjen. Pol. Drs. Putu Jayan Danu Putra, S.H., M.Si., mengikuti upacara peringatan di halaman Kantor Gubernur Bali, Kamis (01/06/2023). Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila ini juga dihadiri oleh seluruh forkopimda Provinsi Bali.

Kapolda Bali melalui Kabid Humas Polda Bali, Kombes. Pol. Stefanus Satake Bayu Setianto, S.I.K., M.Si. menyampaikan bahwa upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini dipusatkan di Lapangan Monumen Nasional (Monas) Jakarta Pusat dan dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo.

Bertindak selaku Inspektur upacara Dr. Ir. Wayan Koster, MM membacakan amanat Presiden RI, Ir. Joko Widodo menyampaikan pancasila digali dan lahir dari bumi Indonesia menjadi konsensus Nasional, untuk itu sudah selayaknya kita semua bangsa Indonesia mengaktualisasikan Pancasila, sehingga Pancasila senantiasa diamalkan dalam berbagai sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Pancasila mengandung nilai-nilai etis yang berakar pada pengalaman faktual dan pengalaman akal serta pengalaman religiusbangsa indonesia. Dengan demikian, Pancasila bukanlah wacana belaka, melainkan realitas obyektif dengan legitimasi kuat baik secara filsafat, politis, historis maupun kultural, “ungkap Gubernur Bali.

Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni, memiliki makna bagi rakyat dan bangsa Indonesia, tidak hanya menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara ataupun tujuan berbangsa, namun turut menjadikan Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari. Pancasila bukan hanya untuk dibaca dan didengar namun harus dipraktikkan dan diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga nilai-nilai Pancasila akan tertanam di dalam hatibangsa Indonesia.

“Saat ini bangsa Indonesia telah berhasil melewati masa kritis pandemi Covid-19, hal ini membuktikan kekuatan Pancasila dan kekuatan bangsa Indonesia. Ke depan, kita akan mewujudkan Indonesia Emas 2045 dan Impian Indonesia 2085,” kata Gubernur Bali.

“Pada peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 ini, marilah kita bergotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global, mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan keseharian kita sesuai tema Harlah Pancasila Tahun 2023 Gotong Royong, Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global dan Tagline Hari Lahir Pancasila 2023 adalah “Aktualisasi Pancasila, Energi Pertumbuhan Indonesia,” sambungnya.

Pada kesempatan yang sama, Mardison Mahyuddin juga mengucapkan puji syukur karena dapat berkumpul dan mengadakan upacara untuk memperingati hari kelahiran Pancasila tingkat Kota Pariaman dan sekaligus mengajak seluruh lapisan agar dapat terus meningkatkan rasa toleransi, saling menghormati, dan bekerja sama untuk membangun negara yang maju dan sejahtera.

“Marilah kita tingkatkan rasa kebanggaan kita sebagai anak bangsa, merawat dan mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa kita, dalam wadah NKRI. semoga kita dapat bergerak bersama, bersatu padu dalam memajukan pertumbuhan ekonomi dan semangat kebangsaan dan kenegaraan khususnya untuk Kota Pariaman tercinta,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *