Perdana RSUP Prof. Ngoerah Denpasar Melakukan Operasi Bedah Jantung Anak Terbuka

Peristiwa77 Dilihat
Bikin Website Murah

Lintas5indonesia – Denpasar – RSUP Prof Ngoerah, di Kota Denpasar, Bali secara perdana melakukan operasi bedah jantung anak terbuka Jumat (29/9). Adapun pasien pertamanya Putu Ananda Chrisna Mandra berusia 8 tahun asal Kelurahan Lelateng, Kabupaten Jembrana.

Operasi ini ditangani langsung oleh tim dokter spesialis didampingi tim jantung dari RSUP Jantung Harapan Kita Jakarta. Mengingat RSUP Prof Ngoerah merupakan 8 senter yang salah satunya bisa menangani penyakit jantung anak.

Dokter Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita Jakarta, dr Budi Rahmat mengatakan, untuk kasus jantung bawaan dari 50 ribu kelahiran anak di Indonesia ada 1 yang mengalami penyakit jantung. Umumnya anak yang mengalami kasus jantung tumbuh kembangnya akan terganggu, kurus dan mudah capek.

Sedangkan untuk kelainan jantung anak yang akan dioperasi kali ini ada pada pembentukan sekat jantung atau dikenal jantung bocor. Apabila masalahnya tidak segera ditangani akan sampai pada tahap gagal jantung dan tidak bisa dioperasi.

“Jadi kelainan ini membuat lubang di tengah tengah, akibatnya darah bersih dan kotor bercampur yang memompa ke paru paru secara berlebihan,” terang dr Budi saat jumpa pers di RSUP Prof Ngoerah.

Dijelaskannya, berdasarkan data statistik pada 2020, ada 44 ribu anak Indonesia lahir dengan kelainan jantung bawaan. Di mana 25 persen adalah pasien yang membutuhkan operasi dan non operasi jantung. Yang dari jumlah itu rumah sakit di Indonesia hanya mampu menangani 1.000 kasus kelainan jantung per tahun.

“Ini miris memang dan ini PR kita bersama, bukan hanya dokter yang ada di sini tapi masyarakat juga. Kami harap dengan adanya kolaborasi kardiologi anak dan ilmu jantung dapat mendeteksi kelainan jantung sejak masa kehamilan,” tandasnya.

Rzl

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *