Mantan Bendahara LPD Yeh Embang Kauh Tertangkap Sebagai Tersangka

Peristiwa18 Dilihat

Jembrana – Lintas5Indonesia – Setelah melarikan diri ke luar negeri dan mejadi DPO sejak 2022 atas dugaan kasus korupsi di LPD Yeh Embang Kauh, tersangka I Gusti Ayu Kade Juli Astuti akhirnya ditangkap, Jumat (11/10).

I Gusti Ayu Kade Juli Astuti yang merupakan mantan bendara LPD Yeh Embang Kauh ini ditangkap oleh Tim Intelijen Kejaksaan Negeri Jembrana dan Tim Tabur Kejaksaan Tinggi Bali saat sedang sembunyi di rumah orang tuanya di Banjar Pasaran, Desa Pohsanten, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana.

Setelah diamankan tersangka langsung digiring menuju Kejaksaan Negeri Jembrana untuk dilakukan pemeriksaan awal dan melakukan pemeriksaan lanjutan.

Penangkapan tersangka berdasarkan surat perintah penyidikan nomor Print-732/N.1.16/Fd.1/10/2024 tanggal 11 Oktober 2024 dan surat perintah penangkapan nomor Print-733/N.1.16/Fd/1/10/2024 tanggal 11 Oktober 2024.

Penangkapan I Gusti Ayu Kade Juliastuti berawal dari informasi masyarakat, pada Jumat sekitar pukul 14.00 Wita, melihat DPO ada di Yeh Embang Kauh yang sudah kembali dari luar negeri.

Menerima kabar tersebut, selanjutnya tim Kejari Jembrana berangkat mencari keberadaan DPO di seputaran wilayah hukum Jembrana. Kemudian tim mendapatkan informasi kembali bahwa DPO terlihat berada di Banjar Pasatan, Desa Pohsanten, di rumah orang tuanya Aji Mangku Gusti Ketut Suarto dan selanjutnya di lakukan penahanan.

“DPO I Gusti Ayu Kade Juli Astuti mantan bendahara LPD Yeh Embang Kauh. Dia tersangkut perkara Tindak Pidana Korupsi dalam pengelolaan Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Desa Adat Yeh Embang Kauh,” ujar sumber.

Dikatakan, Gusti Ayu Kade Juli Astuti baru kembali dari luar negeri pada 21 september 2024 lalu. Bahkan yang bersangkutan telah ditetapkan sebagai tersangka sejak tahum 2022 lalu bersamaan dengan petetapan tersangaka Nyoman Parwata mantan Ketua LPD Yeh Embang Kauh.

“Sebelumnya Gusti Ayu Kade Juli Astuti sempat menjalani pemeriksaan sebagai tersangka, namun kemudian melarikan diri dan akhirnya berhasil ditangkap kembali,” tandasnya.Rzl

Komentar